Guiness Arthur Day 2013: OneRepublic

OneRepublic on stage.

OneRepublic on stage.

Okay. I don’t know how to start this post.

Well, first, this is my post after a long long long hiatus.
Second, this one is like a throwback post. It actually happened  almost 6 months ago.
And third..

“OMG, I finally watched OneRepublic’s performance, LIVE !! YEAAAHHH..”

Hahahaha.. Bukan kata-kata pembuka yang bagus.
Tapi memang kata-kata itu yang paling sesuai yang bisa menggambarkan perasaanku waktu akhirnya lihat mereka manggung.

I’ve known them since my Soompi’s day, back in college. And I’ve been a fan ever since, especially to the one an only Mr. Ryan Tedder.
Jadi wajar kan betapa bahagianya aku waktu lihat performance mereka. LIVE. In front my eyes. Dengan permainanan Piano dan Cello yang juga live. Hahaha..

Overall, performance mereka superb, flawless. Suara Ryan Tedder dan permainan Pianonya benar-benar luar biasaa..
Lagu yang dimainkan mostly dari album terakhir mereka, tapi hits-hits mereka yang terdahulu tetap muncul, membawa kenangan tersendiri buat aku *ahem.
Dan aku, being a big fan of them, sangat sangat puas nontonnya, bahagia banget, hahaha, dan berencana nonton lagi if they had another gigs in Indonesia.

And here some captures I took during the concert,

Ryaaann Teddeeeerr..

Ryaaann Teddeeeerr..

IMG_2366_Snapseed

Will post more soon..

Inaccurate Database ruin everything..

Tahukah kalian bahwa otomatisasi system akan hancur tanpa database yang akurat ?

Trust me, teori otomatisasi bisa mempercepat dan mempermudah suatu pekerjaan itu bullshit kalau kita tidak bisa menyediakan database yang akurat. Yang ada, kamu cuma akan mapping, then spot the mistake or error, then reverse it, then running it, then mapping again, then making sure that finally the data is valid. Yeaaaaahhh right, talking about efficiency.

Nah, yang paling ngeselin itu, kalau posisimu ada di bagian dimana kamu hanya me-running system, sementara tanggung jawab database itu nggak ada di kamu. Dan yang punya database itu luar biasa demanding. Padahal udah dibilangin ya berkali-kali, “Ibu, Bapak, kalau datanya mau bagus dan lancar, awal bulan sudah dapat kami provide, mohon dibenahi dulu database-nya. Jadi kami juga tidak kesuliatan dalam merekap data.”. Kayanya kata-kata itu harus direkam deh, trus diputer terus di kantor mereka, biar mereka inget bahwa database mereka itu WAJIB dibenahi dengan SEGERA. Tapi kalau datanya masih kayak gini, nggak ada perubahan, maaf deh Pak/Bu, saya cuma bisa bilang ‘Sabar, kami sedang proses datanya karena masih ada kesalahan data dalam dokumen yang dihasilkan’.

So, intinya, inaccurate database = automatic system failure = inefficiency. Jadi nggak perlu-lah repot repot mengubah sistem jadi otomatis kalau nggak bisa memenuhi syarat-syarat utama yang dibutuhkan, yang salah satunya DATA yang AKURAT.

– taking from my tumblr.-

My first published paper,

Unbelievable. Well, that’s all I can say, haha.

Kejadian kemarin diawali dua minggu yang lalu. Aku, yang membutuhkan surat rekomendasi dari dosenku, dengan terburu-buru membuat paper yang dimintanya tiga bulan lalu. Nggak mungkin ‘kan aku datang ke depan dosenku minta surat rekomendasi dengan tangan kosong sementara aku masih punya janji untuk menyerahkan paper kepada beliau. Akhirnya, dengan susah payah, pinjem laptop sana-sini karena komputer rusak total, dan ngelembur sampai tengah malam, paper itu jadi juga.

Datang pagi-pagi ke kampus dengan perasaan dag-dig-dug karena harus minta surat rekomendasi, aku ternyata disambut dengan cukup hangat oleh dosenku. Aku jadi tenang, hohohohoho. Melihat paper yang kubawa, tiba-tiba dosenku berkata, “Kamu mau ikut seminar ? Dua minggu lagi ada seminar nasional di kampus, kamu masukkin aja paper kamu ini. Penelitian orang lain juga kurang lebih sama dengan kamu, jadi nggak usah takut.”. Ups, O.O, seminar ?! Wow, tawaran yang menarik banget, tapi sebagian dari diriku, mmm, bisa dibilang takut. Presentasi di depan orang asing ? Hmmm, it’s actually a big no no for me, hahaha. Tapi akhirnya dengan beberapa pertimbangan – lumayan juga ‘kan paper mu diakui, dapet ISBN, bisa dimasukkin CV – akhirnya tawaran ikut seminar itu kuterima.

So yesterday, there I was, in a building in front of GSP, ready to give presentation about my experiment. I was so nervous that I couldn’t eat well (what ?! that was just too much, hahaha). Dengan segala masalah yang kemudian muncul, mulai dari kesalahan peng-cluster-an untuk paper-ku hingga jadwal presentasi yang bentrok dengan psikotes, akhirnya ditetapkan bahwa aku presentasi setelah coffee break pagi. 두근두근 my heart was beating fast, hahaha.

Alhamdulillah, setelah itu semua berjalan lancar. Walaupun dengan nervous setengah mati, aku berhasil melalui presentasi dengan cukup baik dan menjawab dua pertanyaan yang muncul – fiuhhh, ternyata ada yang mau nanya. Sambil menunggu lunch break dan menyimak pemakalah-pemakalah selanjutnya, aku melihat ke arah pembawa acara, yang notabene anak ’09, yang duduk di sebelah moderator. Kurang lebih tiga tahun yang lalu aku duduk di posisi itu, di salah satu seminar lain yang diadakan jurusanku, dengan bingung dan kagum memandangi para pemakalah. Nggak pernah sedikitpun aku berpikir bahwa kemudian aku akan duduk di salah satu kursi di depanku sebagai salah seorang yang memberikan presentasi. It’s just unbelievable and, indeed, funny. Funny how life brings us to somewhere you’ve never imagine before.

Akhirnya aku lagi-lagi berpikir, life is full of surprise. Sesuatu bisa datang begitu aja tanpa diduga, walaupun itu juga nggak terlepas dari usaha yang udah kita lakukan siy. Hmmm, jadi kapan ya aku bisa menjejakkan kaki di Incheon ? Hehehehehe…

note 30.07.15 : and 5 years later, I finally went to South Korea.

Harry potter and the deathly hollows

Hmmm, baru tiga hari belakangan ini aku mulai baca buku terakhir dari serial Harry Potter. Telat ?? Wuihh, telat banget. Tapi apa daya, mood nya baru muncul sekarang, hehehe… Dan gara-gara baca buku itu, sekarang aku meneteskan air mataku, untuk kesekian kalinya. Duh… I become so sensitive lately, just because Harry Potter’s story. Tapi kuakui ceritanya, plotnya, karakternya, dan penjabaran setiap keadaannya bener-bener keren. Dibuat dengan penuh perhitungan (I have no idea how to express it in a word..). Salut banget sama J.K. Rowling dan caranya membuat buku itu…

Jalan-jalan ke Ullen Sentalu…

Hari ini aku seneng banget karena rencana jalan-jalan sama temen-temen kampus ternyata berjalan lancar. Alhamdulillah… Padahal walnya dah takut aja nggak rame atau ada masalah apa, tapi ternyata kita bersenang-senang kok, hehehe…

Jadi hari ini rencananya, aku iseng ngajakin temen-temen kampus buat jalan-jalan ke tempat wisata di jogja. Soalna kita jarang banget jalan bareng, hehehe… Akhirnya kita mutusin untuk pergi ke museum Ullen Sentalu yang terletak di daerah Kaliurang. Jam sudah menunjukkan pukul 10.40 waktu kita berangkat, jadi cuacanya puanasss banget. Untungnya waktu mulai masuk Kaliurang, hawanya dingin dan mataharinya dah ketutp awan. Nggak perih lagi deh niy kaki ^^

Sampai di sana, aku lumayan takjub juga liat pemandangannya, soalnya bagus banget siy. Pengen ngajak adekku yang jago moto, hehehe… Tapi ternyata foto-fotonya cuma bisa nyampe di gerbang depan. Waktu mulai masuk museum, kamera disuruh dimasukkin tas. Mungkin karena barang yang dipajang di dalam museum itu barang dari Keraton Jogja, jadi dijaga banget kali yah biar ga dipublikasikan. Padahal menurutku yang oke banget tuh desain museumnya. Wuihhh, apik tenan…

Nah, balik ke museum Ullen Sentalu. Koleksi museum ini terdiri dari berbagai macam foto dan lukisan sultan Jogja dan Solo. Ada juga gamelan dari kraton dan koleksi batik. Dari segi isi mungkin biasa aja, tapi nilai historisnya tinggi banget. Apalagi didukung desain tempat yang bagus, jadi seneng aja liatnya, hehehe…

Akhirnya setelah tur keliling museum selesai, kita disuguhi jahe anget dan mulai dibolehkan untuk mengambil foto. Untung aja suasananya masih bagus, jadi maish bisa puas foto-foto. Alhasil, kita di sana lebih lama foto-fotonya daripada turnya, hehehehe…